Diky ansor rosadi. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Perilaku Konsumen

B.  Perilaku Konsumen

Add caption

1.  Konsumsi
Adalah suatu kegiatan yang bertujuan mengurangi/ menghabiskan faedah suatu benda
dalam rangka pemenuhan kebutuhan.




a.  Ciri-ciri dan pembagian benda konsumsi

1)  Ciri-ciri benda konsumsi, yaitu:

a)  Benda yang dikonsumsi ditujukan untuk memenuhi kebutuhan hidup
b)  Manfaat, nilai, ataupun volume benda-benda yang digunakan tersebut akan
habis sekaligus/ berangsur-angsur.

2)  Benda konsumsi dapat dibedakan menjadi:

a)  Benda yang habis dalam sekali pemakaia. Contoh: makanan, minuman,
dan obat-obatan.
b)  Benda yang pemakaiannya berulang-ulang atau pemakaiannya dalam
waktu relatif lama. Contoh: baju, tas, dan sepatu.


b.  Tujuan kegiatan konsumsi
Adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup secara langsung.


c.  Pola konsumsi
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi faktor pola konsumsiseorang konsumen,
antara lain:
1)  Penghasilan 
2)  Pendidikan
3)  Tempat tinggal dan iklim
4)  Agama/ kepercayaan
5)  Umur
6)  Kebangsaan
7)  Pekerjaan

2.  Konsumen
Adalah pihak yang membutuhkan barang/ jasa sebagai alat untuk memenuhi
kebutuhan hidupnya.
a.  Penggolongan konsumen
Berdasarkan kenyataan yang ada di pasar, kita dapat membagi konsumen menjadi
3, yaitu:
1)  Konsumen akhir
Yaitu pembeli di pasar umum (cosumer market) di pasar tradisional maupun
modern. Terdiri dari keluarga rumah tangga konsumsi.
2)  Konsumen industri
Yaitu pembeli di pasar industri (industrial market), yakni pasar khusus barang-
barang untuk keperluan industri, seperti bahan baku produksi, perlengkapan
produksi, dan peralatan industri. Terdiri orang-orang dari rumah tangga
perusahaan/ produksi.
3)  Konsumen antara penjual/ pedagang.
Yaitu para pembeli di pasar ulang (reseller market), yakni pasar pedagang
perantara/ pasar penjual ulang. Terdiri orang-orang dan wakil perusahaan yang
disebut sebagai perantara dalam penjualan, perdagangan, makelar, distributor,
dll.
b.  Watak konsumen
Menurut Koler (1984) para konsumen terpengaruh oleh:
1)  Sifat-sifat budaya
2)  Kebudayaan (culture) adalah sumber paling dasar dari keinginan dan tingkah
laku seseorang.
3)  Sosial
4)  Pribadi
Faktor yang mempengaruhi seorang konsumen:
a)  Usia dan tahapan siklus hidup
b)  Pekerjaan
c)  Keadaan ekonomi/ penghasilan
d)  Gaya hidup dan selera
e)  Kepribadian dan konsep diri
5)  Psikologis
Faktor utama yang mempengaruhi pembeli:
a)  Motivasi
b)  Persepsi
c)  Belajar
d)  Kepercayaan

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: