Diky ansor rosadi. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

PETA & PEMETAAN

 BAB 1. PETA & PEMETAAN

A. Dasar-dasar pemetaan
1. Pengertian Peta
Istilah peta berasal dari bahasa Inggris, yaitu map. Kata map berasal dari bahasa Yunani, yaitu mappa yang berarti taplak atau kain penutup meja. Secara umum, pengertian peta adalah gambaran seluruh atau sebagian permukaan bumi pada bidang datar yang diperkecil dengan menggunakan skala tertentu. Ilmu yang mempelajari peta: kartografi.
Fungsi peta:
a. Menunjukkan posisi atau lokasi suatu wilayah di permukaan bumi

b. Menggambarkan bentuk dan persebaran berbagai gejala di permukaan bumi

c. Menggambarkan kondisi fisik dan kondisi social suatu wilayah
2. Jenis-jenis Peta
a. Peta Umum      
Peta umum menggambarkan sebagian atau seluruh permukaan bumi secara umum, dibagi menjadi:
-Peta Topografi
            -Peta Chorografi
b. Peta Tematik

Peta tematik menggambarkan fenomena atau objek tertentu di permukaan bumi.
Peta berdasarkan skalanya:
a. Peta Skala Besar
Peta yang skalanya kurang dari 1:10.000
b. Peta skala sedang
Peta yang skalanya antara 1:10.000-1:250.000
c. Peta Skala Kecil
Peta yang skalanya di atas 1:250.000.
3. Komponen Peta         
a. Judul peta

b. Mata angina (petunjuk arah)
c. Skala Peta
d. Simbol
e. Legenda
f. Garis astronomis
g. Garis tepi
h. Sumber peta
i. Tahun pembuatan
4. Proyeksi Peta

Proyeksi peta adalah upaya memindahkan garis-garis parallel dan meridian dari bidang lengkung (globe) ke bidang datar. Di dalam upaya itu tidak mungkin dilakukan tanpa adanya kesalahan. Oleh karena itu, diperlukan cara agar dalam memindahkan bidang lengkung ke bidang datar itu dilakukan dengan meminimalkan kesalahan terjadi.
5. Pengenalan Alat
a. Kompas
b. Meteran
B. Data, Tabel, Grafik
1. Data
Data adalah himpunan fakta-fakta, angka-angka, huruf-huruf, kata-kata, grafik-grafik, ataupun lambing-lambang yang menyatakan suatu gagasan, objek, kondisi, ataupun situasi yang dapat dijadikan dasar kajian atau analisis. Oleh karena itu, data merupakan bahan baku bagi sebuah informasi.
2. Tabel
Tabel adalah daftar tentang data-data, baik kualitatif maupun data kuantitatif yang disusun berdasarkan baris, lajur, dan variable tertentu yang diberi batas, biasanya berupa garis.
3. Grafik
Grafik data atau disebut juga diagram data adalah penyajian data dalam bentuk gambar-gambar. Sumber grafik data berasal dari table sehingga penggambaran grafik pada umumnya sebagai pelengkap tabel.
C. Lokasi Industri dan Lokasi Pertanian

Wilayah industry yang ideal paling tidak memiliki empat kebutuhan dasar, yaitu bahan mentah, sumber tenaga (bahan bakar), sumber tenaga kerja, dan pasar (konsumen). Akan tetapi, wilayah yang ideal itu pun jarang ditemukan sehingga factor yang paling menentukan untuk berdirinya sebuah industry adalah orientasinya terhadap salah satu dari keempat kebutuhan dasar tersebut.
Alfred Weber, seorang ahli ekonomi Jerman mengemukakan teorinya tentang lokasi industry berhubungan dengan least cost location. Teori Weber pada intinya menyatakan bahwa lokasi-lokasi industry dipilihkan di tempat-tempat yang memerlukan biaya paling minimal.
Teori lokasi pertanian dipelopori oleh Von Thunen, yaitu seorang ahli ekonomdan tuan tanah berkebangsaan Jerman. Von Thunen mengungkapkan teorinya berupa suatu pola produksi pertanian yang dihubungkan dengan tata guna lahan di sekitar suatu kota pasaran.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: